Informasi Terbaru :
Home » » Dihajar Wereng, Boyolali Masih Surplus Beras

Dihajar Wereng, Boyolali Masih Surplus Beras

Friday, July 9, 2010 | 0 comments

Kamis, 08/07/2010 09:00 WIB - ono

BOYOLALI—Meskipun dihajar serangan wereng batang cokelat hampir di seluruh kecamatan, namun hingga saat ini Boyolali masih surplus ketersediaan beras. Hal ini karena hasil produksi beras bulan Januari hingga Mei lalu masih mencukupi hingga Juni kemarin.
Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Boyolali, Sri Wiyono menegaskan, surplus panen bulan Januari hingga bulan Mei mencapai 4,6 ton. Sehingga kebutuhan pokok beras untuk Boyolali masih tercukupi.
Selain itu menurut dia, berdasarkan pantauan di lapangan persediaan bahan makanan pokok beras, khususnya di wilayah Boyolali utara seperti Kecamatan Kemusu, Juwangi maupun Wonosegoro masih mencukupi.







“Dari pantauan di lapangan, banyak masyarakat yang masih menyimpan cadangan beras di gerobok-gerobok mereka, sehingga untuk ketersediaan pangan masih mencukupi,” terang Sri, Rabu (7/7). Meskipun masih tercukupi, pihaknya tetap menyosialisasikan agar masyarakat tidak tergantung sepenuhnya pada beras. Tetapi melakukan konsumsi penganekaragaman atau diversifikasi makanan pokok selain beras.
Sementara itu berdasarkan data Pola Pangan Harapan (PPH) diversifikasi di Boyolali menurut dia masih rendah dibandingkan PPH tingkat Provinsi Jawa Tengah maupun tingkat nasional yang mencapai 85 dan 81. Padahal dengan upaya diversifikasi makanan ini diharapkan bisa membudayakan konsumsi makanan pokok selain beras, karena di sisi lain kandungan nilai gizinya tidak kalah dengan makanan pokok beras. (ono)

sumber : www.harianjoglosemar.com

Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Mahasiswa Agroteknologi UNS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Selamat datang Di blog resmi Forum Mahasiswa Agroteknologi (FORMAT) Fakultas Pertanian - Universitas Sebelas Maret