Informasi Terbaru :
Home » »

Wednesday, October 5, 2011 | 0 comments


Secara umum, pupuk didefinisikan sebagai suatu bahan yang diberikan ke dalam tanah untuk menaikkan produksi tanaman dalam keadaan lingkungan yang baik. Sering kali kita agak kesulitan dalam membedakan antara pupuk organik, pupuk hijau, pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk hayati dan lain sebagainya.
Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari sisa organik (sisa organisme yang telah mati baik hewan maupun tumbuhan) melalui berbagai tingkat dekomposisi. Pupuk kandang termasuk ke dalam pupuk organik yang diperoleh dari kotoran hewan, terutama hewan ternak, selain itu juga ada istilah pupuk kascing yang berasal dari bekas kotoran cacing tanah dan pupuk guano dari kotoran kelelawar.
Untuk pupuk hijau lebih spesifik lagi pengertiannya yaitu diperoleh dari bagian vegetatif tanaman terutama legum. Perlu diketahui bahwa legum ini mengandung N tinggi, misalnya pada tanaman Orok-orok. Sedangkan pupuk kandang merupakan pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan (terutama hewan ternak). Untuk pupuk kompos biasanya berasal dari seresah daun.
Pupuk Hayati (Biofertilizer) adalah pupuk yang diperoleh melalui campur tangan manusia yang menggunakan bahan aktif berupa mikroba unggul. Pilihan yang biasa digunakan adalah mikroba penambat N, mikroba pelarut P, mikoriza, atau PGPR (plant growth promoting rhizobacteria).
Dari beberapa definisi singkat mengenai definisi pupuk di atas dapat disimpulkan bahwa pupuk organik adalah nama kolektif untuk semua jenis bahan organik yang berasal dari tanaman dan hewan yang dapat drombak menjadi hara tersedia bagi tanaman. Untuk pupuk hayati yaitu inokulan berbahan aktif organism hidup yang berfungsi untuk menambat hara tertentu atau memfasilitasi tersedianya hara dalam tanah bagi tanaman.
(Dirangkum dari beberapa sumber)
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Mahasiswa Agroteknologi UNS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Selamat datang Di blog resmi Forum Mahasiswa Agroteknologi (FORMAT) Fakultas Pertanian - Universitas Sebelas Maret