Informasi Terbaru :
Home » , » Ekspedisi Nasional Citarum, Dari Agroteknologi Untuk Alam Yang Lestari

Ekspedisi Nasional Citarum, Dari Agroteknologi Untuk Alam Yang Lestari

Wednesday, September 17, 2014 | 0 comments

Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia atau yang biasa disebut dengan FORMATANI merupakan sebuah forum yang menampung seluruh mahasiswa Agroteknologi dari berbagai universitas di Indonesia. Hingga saat ini, FORMATANI telah menyelenggarakan dua agenda nasional yaitu Ekspedisi Nasional Bangka Belitung bertema “Reklamasi Lahan Bekas Galian Timah” dan Ekspedisi Nasional Citarum bertema “Pelestarian Sungai”. Ekspedisi Nasional Citarum yang berlangsung dari tanggal 25-28 Agustus 2014 ini diselenggarakan Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA).


Karawang menjadi tuan rumah dari agenda FORMATANI ini. Ekspedisi Nasional Citarum didukung oleh 6 Kementrian diantaranya Kementrian Lingkungan Hidup dan BAPPENAS diikuti sekitar 120 delegasi dari 25 universitas di Indonesia. Kita tahu bahwa Karawang dikenal sebagai “Lumbung Padi Nasional” akan tetapi produksi padi di wilayah tersebut akhir-akhir ini mengalami penurunan. Hal ini diduga karena tercemarnya sistem pengairan oleh kawasan industri di sekitar sungai. Berangkat dari permasalahan ini, maka agenda FORMATANI kali ini dikhususkan untuk pelestarian sungai.
Ekspedisi Nasional Citarum didukung oleh 6 Kementrian diantaranya Kementrian Lingkungan Hidup dan BAPPENAS. Kegiatan ini dimulai dari acara seminar nasional yang dibuka oleh Dr Cellica Nurrachadiana selaku Wakil Bupati Karawang. Adapun tema seminar berkaitan dengan pelestarian sungai agar kembali menjadi BESTARI (Bersih Sehat Lestari). Dalam seminar tersebut, salah satu perwakilan Pemda Karawang mengutarakan bahwa sungai citarum dengan panjang 296 km merupakan sungai strategis nasional yang mampu memberi makan 25 juta orang dimana 60% nya untuk warga Jakarta. Sungai ini berhulu di Bandung Selatan dan melintasi delapan kabupaten lain di Jawa Barat. Akan tetapi sungai ini memiliki permasalahan di hilir karena menjamurnya kawasan industri.


Agenda yang dijalani oleh para delegasi di hari berikutnya yaitu penyusuran sungai Citarum dari waduk Saguling hingga alun-alun Karawang. Penyusuran ini merupakan acara puncak dari serangkaian acara ENC dimana para delegasi  mendapatkan kesempatan menyusuri sungai citarum sekaligus melakukan observasi. Setibanya di alun-aun Karawang, para delegasi ini melakukan orasi bertema “Save Our Citarum” sebagai bentuk solidaritas mahasiswa agroteknologi/agroekoteknologi dalam menyelamatkan sungai Citarum.
Kunjungan ke BALE PARE merupakan agenda terakhir dimana para mahasiswa delegasi setiap universitas dapat mengenal salah satu lumbung padi organik terbesar di Jawa Barat beserta cara budidaya padi organik. Kedatangan para mahasiswa disambut oleh Ketua P4S Bale Pare Karawang bapak Rohmat Sarman. Kegiatan di Bale Pare meliputi talkshow, pembagian doorprize, dan mencoba beras organik Bale Pare. Acara tersebut sangat tinggi antusiasmenya dari para mahasiswa yang ditandai dengan beberapa pertanyaan dari delegasi UNSRI Palembang, Unsyiah Aceh, UNRI Riau, dll


Penutupan dari kegiatan ENC berlangsung di tempat Bale Pare dengan foto bersama dan para panitia ENC dari UNSIKA Karawang. Tentunya ini merupakan bekal ilmu yang sangat berharga bagi teman-teman delegasi untuk bisa diadopsikan ilmunya di daerah masing-masing. 
FORMATANI SALAM SATU CINTA!!

Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Mahasiswa Agroteknologi UNS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Selamat datang Di blog resmi Forum Mahasiswa Agroteknologi (FORMAT) Fakultas Pertanian - Universitas Sebelas Maret