Informasi Terbaru :
Home » » One Student One Tree

One Student One Tree

Sunday, February 22, 2015 | 0 comments

Kita pasti sudah tak asing lagi dengan slogan "One Man One Tree". Slogan ini bukanlah sembarang slogan melainkan sebagai upaya untuk menghijaukan kembali alam agar lebih lestari. Sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa pertanian, tentu saja kita tak boleh kalah untuk menghijaukan bumi ini.



Sebagai wujud nyata "One Student One Tree" pada Kamis 12 Februari 2014, mahasiswa agroteknologi membuktikan cintanya kepada lingkungan dengan menanam pohon. Penanaman dilakukan bertempat di Kebun Bibit Desa Binaan FORMAT, Desa Kembangsari, Musuk, Boyolali. Kegiatab ini melibatkan mahasiswa agroteknologi angkatan 2014, pengurus Format FP UNS, bapak Pardono, Dosen UNS diwakilkan oleh bapak Kawiji, POKJA oleh bapak Nyoto dan BPD. Seperti angkatan-angkatan sebelumnya, penanaman bersifat wajib bagi mahasiswa baru. Selain itu, kegiatan penanaman ini juga bekerja sama dengan PT BUMN Hijau Lestari.



Acara penanaman didahului dengan pembukaan simbolis yang diisi sambutan dari Kepala Desa, Pak Kawidji dan Rudi (AGT 11) selaku perwakilan mahasiswa. Kegiatan selanjutnya yaitu penanaman bibit pohon pada lahan yang telah disediakan. Adapun bibit yang ditanam yaitu tanaman perennial jabon (Anthocephalus cadamba) dan sengon (Albizia falcate). Bibit yang selesai ditanam tidak lantas dibiarkan begitu saja melainkan akan dirawat bersama oleh masyarakat setempat dan mahasiswa.





Selain merupakan agenda wajib bagi mahasiswa agroteknologi, kegiatan penanaman juga diharapkan memiliki manfaat guna menahan erosi kontur tanah yang berlereng. Akar tanaman tahunan yang kuat dapat menahan tanah sehingga mengurangi resiko terjadinya erosi. Selain itu hal ini juga memiliki banyak dampak positif lain bagi lingkungan.

Buat kamu mahasiswa pertanian, sudahkah kamu mewujudkan gerakan One Student One Tree. Jangan mau kalah ya...!!!!




Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Mahasiswa Agroteknologi UNS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Selamat datang Di blog resmi Forum Mahasiswa Agroteknologi (FORMAT) Fakultas Pertanian - Universitas Sebelas Maret