Informasi Terbaru :
Home » » Produsen Minyak Sawit tapi Impor Migor

Produsen Minyak Sawit tapi Impor Migor

Thursday, July 15, 2010 | 1comments

Rabu, 14 Juli 2010 | 14:33 WIB
Tribun Pekanbaru
Perkebunan sawit
ENTIKONG, KOMPAS.com - Kalimantan Barat dalam 10 tahun terakhir mengalami perkembangan pesat di bidang perkebunan sawit dengan tingkat produksi menempati nomor dua terbesar di Indonesia. Namun, produk minyak goreng daerah itu masih harus didatangkan dari tempat lain.

"Ini ironi, sebagai wilayah penghasil sawit, kita belum memiliki pabrik pengolahan sawit atau CPO menjadi minyak goreng," kata Ketua Komite Tetap Perdagangan Perbatasan Kamar Dagang Provinsi Kalimantan Barat, HR Thalib Multi yang dihubungi dari Sanggau, Rabu (14/7/2010).
Sejumlah wilayah di Kalbar merupakan penghasil minyak sawit mentah (crude palm oil), termasuk daerah perbatasan. Namun produk minyak goreng daerah itu masih didatangkan dari Jawa dan impor dari negara lain.
Menurut dia, kebijakan pusat yang mengharuskan seluruh produksi setengah jadi, seperti CPO dan karet, dikirim ke industri hilir yang berada di Pulau Jawa dan Sumatera sangat tidak berpihak ke daerah.
Ia mengatakan, dengan tingkat produksi CPO yang cukup besar dari perkebunan sawit di wilayah Kalbar, seharusnya sudah dibangun industri hilir pengolahan CPO manjadi minyak goreng.
Menurut HR Thalib Multi, keberadaan industri hilir pengolahan CPO di Kalbar akan menguntungkan daerah termasuk petaninya. Selain itu hasil produksi pabrik pengolahan tersebut akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, jaminan stabilitas harga dan biaya pemasarannya pun relatif lebih murah.
Ia menjelaskan, minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan yang harus tersedia di masyarakat, karena sudah merupakan pendukung konsumsi sehari-hari, sehingga saat harga melonjak, masyarakat pun terpaksa membelinya untuk memenuhi kebutuhannya.
Share this article :

1 comment:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Mahasiswa Agroteknologi UNS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Selamat datang Di blog resmi Forum Mahasiswa Agroteknologi (FORMAT) Fakultas Pertanian - Universitas Sebelas Maret